SISTIM ADMINISTRASI NKRI

BERDASARKAN PENDAPAT PRIBADI, SISTEM ADMINISTRASI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (SANKRI) ITU SEPERTI APA??!!

Sebelum saya merumuskan apa itu Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (SANKRI) menurut pendapat pribadi saya tersebut, berikut terlebih dahulu saya akan memaparkan hal-hal yang menjadi dasar pembentuk kata SANKRI itu sendiri agar dapat memberikan pemahaman yang jelas, baik itu pemahaman kepada saya pribadi maupun kepada pembaca. Dasar-dasar tersebut diantaranya yaitu:

PENGERTIAN SISTEM:
Menurut kamus webster, Sistem merupakan suatu kesatuan (unity) yang komplek dibentuk oleh bagian yang berbeda (diverse), masing-masing terikat pada (subjected to) rencana yang sama atau kontribusi (serving) untuk mencapai tujuan yang sama.
Menurut Jerry Fitzgerald (1981) menuliskan bahwa Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.
Menurut Pamudji (1981) Sistem adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks atau terorganisie, suatu himpunan atau perpaduan hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks atau utuh.



PENGERTIAN ADMINISTRASI:
Secara etimologis istilah administrasi berasal dari bahasa Inggris dari kata administration yang bentuk infinitifnya adalah to administer. Dalam Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English (1974), kata to administer diartikan sebagai to manage (mengelola) atau to direct (menggerakkan).
Menurut Leonard D. White (1955) Administrasi adalah suatu proses yang umum terdapat dalam semua usaha kelompok, negara ataupun swasta, sipil ataupun militer, berskala kecil maupun besar.
Menurut The Liang Gie (1980) Administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerja sama mencapai tujuan tertentu.

PENGERTIAN NEGARA:
Menurut Aristoteles, Negara adalah persekutuan dari keluarga dan desa guna memperoleh hidup yang sebaik-baiknya.
Herman Finer, Negara adalah organisasi kewilayahan yang bergerak dibidang kemasyarakatan dan kepentingan perseorangan dari segenap kehidupan yang multidimensional untuk pengawasan pemerintahan dengan legalitas kekuasaan tertinggi.

PENGERTIAN ADMINISTRASI NEGARA:
John M. Pffifner & Robert V. Presthus mengatakan bahwa Administrasi Negara sebagai koordinasi usaha-usaha perorangan dan kelompok untuk melaksanakan kebijaksanaan pemerintah. Hal ini meliputi pekerjaan sehari-hari pemerintah.
Menurut Dwight Waldo Administrasi Negara adalah manajemen dan organisasi dari manusia dan peralatannya guna mencapai tujuan pemerintah.

PENGERTIAN SISTEM ADMINISTRASI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (SANKRI):
Menurut H. Obsatar Sinaga (Dosen FISIP Universitar Padjadjaran), Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (SANKRI) adalah administrasi negara sebagai sistem yang dipraktekkan untuk mendukung penyelenggaraan NKRI agar upaya Bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan bernegara dapat terlaksana secara berdaya guna dan berhasil guna. Di samping berlandaskan idiil Pancasila dan konstitusional UUD 1945, serta landasan operasional pengembangannya SPPN beserta peraturan pelaksanaannya, SANKRI harus selaras juga dengan situasi dan perkembangan lingkungan stratejik, termasuk perkembangan paradigma ilmu administrasi negara.

PENGERTIAN SISTEM ADMINISTRASI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (SANKRI) MENURUT PENDAPAT PRIBADI:

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, maka saya dapat merumuskan bahwa Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (SANKRI) tersebut merupakan suatu keseluruhan sistem penyelenggaraan kehidupan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam segala aspeknya, serta keseluruhan administrasi negara Indonesia yang berlandaskan pada Idiil-Pancasila, konstitusional-UUD 1945, operasional, dan kebijakan lain baik itu secara tertulis maupun tidak tertulis. Dimana dari keseluruhan sistem tersebut antara Aparatur Negara (Aparatur Pemerintah, Aparatur Kenegaraan) beserta seluruh rakyat saling bekerjasama dalam mewujudkan segala tujuan seperti: melindungi bangsa dan tumpah darah Indonesia; memajukan kesejahteraan umum; mencerdaskan kehidupan bangsa; ikut melaksanakan ketertiban dunia;, serta cita-cita bangsa Indonesia dalam kehidupan bernegaranya yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Semoga Bermanfaat :)

Ani Triani
170110140022
Tugas Mata Kuliah Sistem Administrasi Negara Indonesia

Sumber:
Silalahi, Ulbert: Studi tentang Ilmu Administrasi, Sinar Baru Algensindo, Bandung, 2013.
Sugandi, Yogi Suprayogi: ADMINISTRASI PUBLIK; Konsep dan Perkembangan Ilmu di Indonesia, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2011.
Pustaka.unpad.ac.id/archives/
Soewarto Handoko: PUSDIKLAT DEPDIKNAS.