GARIS BESAR SKENARIO PEMBELAJARAN



TUJUAN PEMBELAJARAN PROYEK PERUBAHAN DIKLAT KEPEMIMPINAN DITINJAU DARI ASPEK PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
Tujuan Pembelajaran ialah formulasi eksplisit proses edukatif tentang cara bagaimana peserta belajar berubah sesuai dengan harapan kurikulum (Bloom, 1956), atau
Tujuan pembelajaran merupakanpernyataan tentang hal-hal yang harus dipelajari oleh peserta untuk dipraktekan dalam tugas sesuai dengan pemahamannya.


Dari aspek PENGETAHUAN :
  • Mengembangkan konsep dasar proyek perubahan yang berkaitan dengan agenda  mata diklat lain.
  • Mengembangkan pengetahuan tentang self mastery, tim efektif, diagnostic reading, inovasi, membangun tim efektif, dasar-dasar tentang coaching, mentoring, McKinsey 7S, paradigma, arah kebijakan, strategi kebijakan, program, rencana aksi,  dalam rangka proses penyusunan gagasan dan rancangan proyek perubahan.
  • Mengembangkan konsep dasar proyek perubahan yang berhubungan dengan organisasi instansi peserta dan organi-sasi/lembaga atau sektor lain yang terkait.

Dari aspek KETERAMPILAN :

  • Mengembangkan keterampilan mengamati aspek-aspek permasalahan organisasi (burning platform, key output deliverables, milestones, leverages dll) untuk diimplementasikan agar mencapai output jangka pendek yang berkualitas.
  • Mengembangkan ketrampilan mengumpulkan, mencatat data, dan informasi yang berkaitan dengan aspek-aspek dari  mata diklat lain, ceramah nara sumber, visitasi, dan benchmarking untuk merancang suatu proyek perubahan.
  • Mengembangkan ketrampilan pengkajian analisis, sintesis, kecenderungan, dan gejala yang ditimbulkan dari hasil  interaksi berbagai hal dalam seluruh mata diklat yang diprogramkan, ceramah nara sumber, visitasi, dan benchmarking.

MATRIKS KURIKULER AGENDA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT PROYEK PERUBAHAN DIKLAT PIM

METODE
ARAH DAN SKENARIO UMUM PEMBELAJARAN
CERAMAH
Pengenalan peserta tentang aspek permasalahan budaya birokrasi yang berkaitan dengan  visi, misi dan tujuan organisasi, sistim, instrument, isu strategis, burning platform, key output deliverables, leverages, milestone,  tim efektif, dan strategi.
Penjelasan DISKUSI ISU   TERPILIH dalam penjelasan proyek perubahan, merancang dan implementasi proyek perubahan.
Aktualisasi DAYA SAING (PUBLIC VALUES) better, cheaper dan faster dalam semangat  reformasi birokrasi), berdasarkan kerangka pelayanan[1], bahwa kegiatan operasional, program, strategi, dan  arah kebijakan merupakan satu kesatuan area permasalahan serta  bertumpu pada satu persoalan pokok tidak dibatasi oleh struktur dan unit.
FILM PENDEK
Internalisasi konsep tentang tujuan organisasi, arah kebijakan, isu strategis, strategi, taktis dan operasional
VISITASI DAN BENCHMARKING
Internalisasi materi pembelajaran yang berkaitan dengan program prioritas atau inisiatif dan implikasinya terhadap stakeholders maupun kepentingan umum baik internal, maupun eksternal.

FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN PEMBELAJARAN:

Inti dari pembelajaran semua mata diklat dijenjang strukturalnya selalu berorientasi kepada persoalan prioritas atau isu makro di birokrasi.
Indikator keberhasilannya adalah aktualisasi mata diklat dalam proyek perubahan. Turunan dari Arah kebijakan adalah Strategi kebijakan, Turunan dari Strategi kebijakan adalah Inisiatif atau program. Turunan dari Program adalah Action plan. Turunan dari Action plan adalah proses perbaikan terus menerus.





Jakarta  15 Juli 2016

Ir. Simon P. Messah, M.Si
Widyaiswara Ahli Madya.














[1] A Taxonomy of Manufacturing Strategy by Jeffrey G. Miller dan Aleda Roth 1995. Management Science 40, no.3 (March 1994):285-304.